Posted by : Samuel Siahaan March 1, 2013

Motivasi sangat penting dalam kehidupan kita. Tanpa motivasi apapun yang akan kita lakukan akan terasa berat. Malas dan ogah-ogahan akan kita rasakan. Meskipun akhirnya kita kerjakan juga apa yang seharusnya dilakukan, terkadang itu hanya untuk menggugurkan kewajiban saja.
Untuk itu, kita perlu motivasi yang bisa berasal dari dalam diri. Bisa juga motivasi itu datang dari luar. Apapun peran kita dalam kehidupan ini, kita perlu memotivasi diri sendiri dan memotivasi orang lain. Cara untuk memotivasi orang lain bisa dilakukan dengan menggunakan rumus 3 A yaitu:
1. Atensi
Awali dengan memberikan perhatian kepada orang yang akan diberikan motivasi. Bentuk perhatian itu bisa berbagai macam. Jika bertemu berikan salam dan jabatlah tangannya dengan erat. Disertai dengan ucapan salam. Tanyakan bagaimana kabar dan kesehatannya. Lakukan itu dengan tulus dari hati bukan sekedar basa-basi.
Memberi perhatian berarti juga tahu kondisi seseorang. Apa yang sedang dialaminya sekarang. Jika mereka sedang ditimpa musibah atau terlilit masalah. Bantulah semampu kita. Berilah mereka jalan untuk keluar dari problema yang menimpa. Ide dan pencerahan sangat mereka nantikan. Dukungan dan do’a jangan sampai terlupa.
Untuk memotivasi seseorang, kita juga harus tahu apa yang mereka inginkan atau cita-citakan. Tanyakan apa yang mereka inginkan. Apa cita-cita yang mereka punya. Semua orang pasti punya keinginan dan cita. Hanya terkadang tidak semua orang berani mengungkapkannya.
2. Afirmasi
Afirmasi artinya penegasan atau peneguhan. Berikanlah afirmasi kepada orang yang perlu diberi motivasi. Katakanlah kepada mereka bahwa mereka layak mendapatkan apa yang diinginkan. Cita-cita yang sudah ada bisa terlaksana asal mau berusaha. Seringkali orang merasa ragu bisa meraih cita karena merasa tidak bisa atau tidak punya apa-apa.
Mereka perlu dukungan dan motivasi dari orang lain agar terus semangat mengejar apa yang diinginkan. Terus berikan kata-kata penyemangat setiap kali bertemu. Tanyakan kemajuan dari apa yang sudah ia lakukan. Pujilah ketika ia berhasil mendapatkan keberhasilan kecil atau besar. Hiburlah ia ketika gagal mencoba.
3. Apresiasi
Berikan penghargaan kepada semua keberhasilan yang dia lakukan. Entah itu kecil ataupun besar. Penghargaan bisa hanya sekedar ucapan. Bisa juga berupa hadiah untuk dikenang. Bukan nilai uang dari hadiah itu yang penting tapi penghargaan atas prestasi yang telah dibuat akan selalu teringat.
Apresiasi akan membuat seseorang termotivasi untuk meraih keberhasilan lebih banyak lagi. Jika keberhasilan atau prestasi tidak dihargai dengan semestinya, orang akan malas untuk berbuat yang terbaik. Mereka lebih memilih untuk jadi orang biasa dengan mengerjakan sesuatu dengan biasa-biasa saja. Hasilnya pun akan biasa saja.
Penghargaan ibarat bahan bakar yang akan menyulut semangat. Seperti api yang membakar kayu kering, merah menyala. Panas membara membakar apa saja yang ada di sekitarnya.
Motivasi ibarat tetesan air di musim kemarau yang menyirami tanaman yang gersang. Menyegarkan dan memberi kehidupan.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Assasin-Creed - Shingeki No Kyojin - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -