Posted by : Unknown January 23, 2013

Mengatasi Rambut Ketombe

Ketombe bukanlah suatu penyakit ataupun virus. Anda tidak akan tertular ketombe dengan saling bertukar atau meminjam sisir dan bantal. Serpihan yang tampak pada rambut adalah sel kulit mati yang dihasilkan oleh jamur mallassezia. Mengatasi rambut ketombe bisa dilakukan dengan cara alami.
Sampai saat ini belum ada penelitian ilmiah yang menemukan obat penyembuh ketombe. Obat-obatan yang ada hanya berfungsi membantu para penderita ketombe mengatasi efek sampingnya,yaitu dengan mengontrol jamur mallassezia penyebab ketombe. Sampo anti-ketombe yang mengandung formula Zinc Pyrithione (smart ZPT) terbukti mampu menghilangkan efek samping yang tampak sampai dengan 100% (kulit kepala kering, gatal, dan serpihan ketombe). Cara mengatasi rambut ketombe adalah dengan menurunkan minyak dipermukaan kulit kepala.
Cara paling tepat mengatasi rambut ketombe adalah mengatasi penyebabnya. Keramas setiap hari dengan sampo anti ketombe karena hal ini efektif mengatasi penyebab ketombe dan menghilangkan efek samping ketombe. Pada beberapa kasus yang sangat jarang, atau pada kondisi ketombe yang sangat parah, seseorang akan direkomendasikan untuk berobat ke dokter. Tapi pada umumnya ketombe dapat diatasi dengan pemakaian sampo antiketombe.
Dandruff
Saat ini sampo antiketombe yang tepat dan bermutu baik tidak saja mengatasi efek samping ketombe, tapi juga membuat rambut terasa bersih, lembut dan mudah diatur. Sampo antiketombe yang telah diuji coba memang dirancang untuk digunakan setiap hari. Formula yang mengandung 1% ZPT sangat efektif mengatasi ketombe, sekaligus lembut untuk pemakaian teratur.
Keramaslah dengan air cuka, kemudian, ulangi keramas dengan sampo dan bilas hingga bau asamnya hilang. Setelah itu, gunakanlah conditioner. Jika Anda tidak tahan dengan bau cuka, atau khawatir dengan kualitas cuka, gosoklah secara lembut kulit kepala dengan jeruk nipis. Asam dari air perasan jeruk nipis cukup efektif untuk menjinakkan ketombe.
Posted in Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami | Tagged , , , , , , , , , , , , , , | Leave a comment

Cara Mengatasi Ketombe Rambut

Gejala ketombe yang sering timbul adalah rasa gatal di kulit kepala pada siang hari, terutama bila panas dan berkeringat. Akibat garukan yang dilakukan pada kepala terjadi pelepasan lapisan keratin epidermal yang kemudian menempel di batang rambut atau jatuh ke baju, seringkali juga timbul perlukaan pada kulit yang menyebabkan timbulnya infeksi sekunder oleh mikroba lain.
Selain itu garukan karena rasa gatal ini juga dapat menyebabkan rontoknya rambut terutama di daerah verteks (puncak kepala). Prinsip mengobati ketombe pada umumnya ditujukan untuk menurunkan minyak permukaan kulit kepala atau jumlah sekresi sebum, menurunkan jumlah mikroba penyebab ketombe, mengurangi gejala gatal dan rontok rambut. Ketiga tujuan itu dapat dicapai dengan perawatan kulit kepala yang sesuai dan terapi obat-obatan.
Cara mengatasi ketombe adalah :
  1. Membersihkan kulit kepala dengan shampoo yang lembut untuk menurunkan kadar minyak pada kulit kepala.
  2. Hindari meminjamkan sisir pada orang lain dan begitu juga sebaliknya.
  3. Jaga barang-barang pribadi agar senantiasa dalam keadaan bersih, seperti sisir, handuk, dan sarung bantal.
  4. Jaga agar kulit kepala dan rambut tetap bersih. Cucilah rambut secara teratur dan lakukan pemijatan pada kulit kepala.
  5. Kurangi makan makanan yang berminyak dan berlemak serta memperbanyak makanan yang mengandung zinc (seng).
  6. Shampo anti ketombe yang banyak dijual di pasaran adalah terapi pertama dan cukup baik untuk mengatasi ketombe sederhana. Namunperlu diperhatikan untuk mencari jenis shampo yang cocok dengan jenis rambut.
  7. Penggunaan krim anti ketombe.
  8. Kunjungi dokter atau hali dermatologi jika ketombe masih membandel.
  9. Utuk mencegah ketombe agar tidak kembali lagi, kesehatan rambut perlu dijaga dengan baik.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Assasin-Creed - Shingeki No Kyojin - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -